| home | agenda & berita | info fakultas | kemahasiswaan | regulasi | kerjasama | repositori |
Selamat Datang di Website Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Mind Map & Brain Management


Dunia pendidikan terus mengalami perubahan yang semakin pesat sebagai upaya memperbaiki mutu pendidikan baik proses maupun hasil atau output nya.  Berbagai usaha telah dilakukan oleh semua pihak mulai dari praktisi pendidikan, pengamat pendidikan sampai pengambil kebijakan dalam bidang pendidikan.  Mulai kegiatan penelitian, seminar, workshop atau konferensi telah dilakukan  untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Pendidikan tinggi  tidak lepas dari usaha-usaha peningkatan mutu seperti tersebut di atas.  Menyiapkan lulusan yang mempunyai ketrampilan dan kemampuan dalam menghadapi tuntutan perubahan lingkungan merupakan satu hal utama yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi. Soft skill dan Life skill menjadi perhatian besar di Perguruan Tinggi selama beberapa tahun terakhir.  Karena lulusan yang mempunyai soft skill  yang baik akan dapat merespon perubahan lingkungan dengan baik pula.
Fakultas Ekonomi mempunyai perhatian besar terhadap kebutuhan soft skill mahasiswa sebagai langkah dalam meningkatkan mutu lulusan. Salah satu soft skill  yang dibutuhkan mahasiswa adalah ketrampilan dalam mengoptimalkan potensi diri untuk dapat mengembangkan diri baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Kegiatan pelatihan soft skill yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi ini bertujuan meningkatkan ketrampilan mahasiswa dalam meningkatkan potensi yang ada dalam dirinya untuk dapat belajar, mengetahui dan memahami  materi perkuliahan dan pengetahuan hidup secara lebih efektif.
Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “One Day Mind® & Super Memory Techniques”, dengan dipandu oleh seorang instruktur  Mind Map & Brain Management  yang sudah berpengalaman dan mempunyai lisensi dari Buzan Indonesia  yaitu Bapak Ade Julius Rizky, Adv. BLI. Acara yang dilaksanakan pada hari Sabtu, Tanggal 24 Nopember 2012 dan bertempat di  Aula Kampus  I Umsida ini diikuti oleh 109 mahasiswa. Materi  yang diberikan yaitu cara atau teknik dalam mengoptimalkan super memory atau daya ingat mahasiswa dalam memahami dan mengingat materi yang diterima dalam perkuliahan maupun dalam penyelesaian tugas perkuliahan. Pengoptimalan super memory  ini menjadi lebih efektif dalam pemahaman materi daripada teknik belajar konvensional yang selama ini dilakukan oleh mahasiswa. metode yang digunakan selama kegiatan ini menggunakan metode ceramah, permainan dan praktik materi secara langsung dengan pendekatan NLP (Neuro-Linguistic Programmig).  
Akhir dari acara ini adalah pembentukan komunitas peserta Brainmax Fakultas Ekonomi yang nantinya akan dimanfaatkan dalam melakukan konsultasi dengan instruktur maupun diskusi dengan sesame peserta. Peserta dapat memanfaatkan software  Brainmax yang telah diberikan oleh Instruktur baik di rumah atau di kampus. Semoga melalui pelatihan soft skill ini dapat meningkatkan potensi mahasiswa baik dalam bidang akademik maupun non akademik yang akan dapat menjadi bekal nanti ketika memasuki dunia kerja dan usaha.