| home | agenda & berita | info fakultas | kemahasiswaan | regulasi | kerjasama | repositori |
Selamat Datang di Website Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Kuliah Umum Keuangan


Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan salah satu badan yang dikelola oleh negara dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat. Pemerintah Indonesia memiliki 2 (dua) tujuan utama dalam mendirikan BUMN yaitu tujuan ekonomi dan tujuan sosial. Tujuan ekonomi adalah mengelola sector-sektor bisnis strategis agar tidak dikuasai pihak-pihak tertentu. Sedangkan tujuan sosial antara lain dapat tercapainya penciptaan lapangan pekerjaan serta upaya membangkitkan perekonimian local dan memberikan pelayanan public. Kinerja perusahaan-perusahaan milik pemerintah baik BUMN maupun BUMD cenderung tidak produktif dan tidak efisien. Dari laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang dilakukan pada bulan Juni tahun ini mencatat 7 (tujuh) rekomendasi yang perlu diperhatikan dan ditindaklanjuti oleh BUMN. Rekomendasi itu antara lain berbunyi peraturan bersama Menteri Keuangan dan Menteri BUMN tentang ikhtisar laporan keuangan perusahaan Negara dirasa kurang efektif dan pengelolaan asset BUMN kurang memadai.
Dalam beberapa pekan terakhir ini media massa memberitakan tentang masalah penyetoran dana BUMN kepada pihak-pihak yang tidak mempunyai kewenangan dan keterkaitan langsung dengan BUMN. Hal ini sebenarnya sudah menjadi budaya selama ini, namun merupakan langkah pemerintah yang cerdas dalam menangani salah satu pemicu memburuknya kinerja BUMN. Untuk itulah diperlukan suatu langkah strategis dalam pengelolaan BUMN dalam meningkatkan kinerja nya terutama keuangan. Karena BUMN merupakan salah satu asset penting yang dimiliki Negara dalam rangka membangun perekonomian Indonesia yang lebih baik.
Dengan mendasarkan pada fenomena tersebut, Program Studi Manajemen Konsentrasi Keuangan mengadakan Kuliah Umum dengan Tema “Strategi  Pengelolaan Keuangan dalam upaya Meningkatkan Kinerja  BUMN” , yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 15 Desember 2012, dengan menghadirkan Drs. Chusnul Ma’arif, MM, Direktur Keuangan PT. JAMKRIDA sebagai pembicara tunggal. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan wawasan yang lebih luas tentang permasalahan ekonomi khususnya bidang keuangan bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi, khususnya mahasiswa Program Studi Manajemen.