| home | agenda & berita | info fakultas | kemahasiswaan | regulasi | kerjasama | repositori |
Selamat Datang di Website Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Seminar Regional pada Pra - Musykom IMM

Dunia Perbankan bukan lagi hal yang menakutkan bagi masyarakat. Sebuah perokonomian itu akan lancar ketika semua sektor lancar. Terutama sektor perbankan yang menjadi stimulasi sebuah pelancaran perekonomian. Sebagaimana yang telah diketahui oleh banyak orang, “bank” dikenal sebagai lembaga keuangan yang kegiatan utamanya menerima simpanan giro, tabungan dan deposito.

Selain itu bank juga dikenal sebagai tempat untuk meminjam uang (kredit) bagi masyarakat yang membutuhkannya. Juga dikenal sebagai tempat untuk menukar uang, memindah uang atau menerima segala macam bentuk pembayaran dan setoran seperti pembayaran listrik, telepon, air, pajak, uang kuliah dan pembayaran lainnya. “Bank” adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan meyalurkannya pada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan kehiduapan rakyat banyak, seperti yang tertuang dalam Undang-Undang RI Nomor 10 Tahun 1998 tanggal 10 Nopember 1998.
Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Ekonomi Komisariat Ekonomi UMSIDA (IMM Komisariat Ekonomi UMSIDA), dalam hal ini mencoba mengajak kita untuk membuka wacana dan khasanah intelektual kita tentang peranan sektor perbankan terhadap pembangunan ekonomi daearah. Sebagaimana tujuan Persarikatan Muhammadiyah, IMM Komisariat Ekonomi UMSIDA pun mencoba memaknainya melalui ilmu ekonomi yang mereka terima di bangku kuliah. Berkaitan dengan tujuan tersebut, dalam rangkaian acara Musyawarah Komisariat (Musykom) Ekonomi, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat Ekonomi mengadakan Pra-Musykom, yang merupakan kegiatan sebelum dilaksanakannya Musykom. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2011, bertempat di Aula Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Agenda acara dalam kegiatan pra-musykom tersebut adalah Seminar Regional. Tema yang diangkat dalam tema tersebut adalah "Implikasi Sektor Perbankan dan Non Perbankan terhadap Pembangunan Ekonomi Daerah". 
Nara sumber pada seminar tersebut adalah :
  1. Kepala BTN Cabang Sidoarjo
  2. Bapak Sungkono (Anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo)
  3. Musdholifah, SE. M.Si (Dosen FE-UMSIDA)

”Tujuan kami melaksanakan seminar ini untuk mencetak kader – kader yang tidak hanya paham teori saja tapi mampu memahami peranan – peranan perbankan terhadap pembangunan ekonomi daerah khususnya di sidoarjo” tutur Muhammad Yani selaku Steering Committee seminar.” Selain background kami sebagai mahasiswa Fakultas Ekonomi.
Seminar Regional  ini mendapat respons yang sangat baik dari mahasiswa. Sekitar 150 mahasiswa mengisi kursi seminar sehingga ruang aula pun terasa sesak. peserta seminar adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi maupun mahasiswa Fakultas lainnya dan juga banyak mahasiswa dari universitas lain seperti IAIN Surabaya dan Perbanas.