| home | agenda & berita | info fakultas | kemahasiswaan | regulasi | kerjasama | repositori |
Selamat Datang di Website Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Fakultas Ekonomi: Dulu, Kini, dan Nanti…..

Minggu, 1 April 2012, lagu-lagu Koes Plus yang sempat hit di era 70-an kembali mengalun dengan syahdunya di halaman parkir timur Kampus 1 pada acara Temu Alumni Fakultas Ekonomi. Acara yang dikemas dengan konsep gathering tersebut terasa sekali suasana kekeluargaan diantara sesama alumni ataupun alumni dengan pihak fakultas. Tema yang diambil dalam acata Temu Alumni untuk angkatan 1989 – 2007 tersebut adalah “Fakultas Ekonomi: Dulu, Kini, dan Nanti”, yang merefleksikan perjalanan Fakultas Ekonomi mulai berdiri hingga berkembang saat ini, serta harapan-harapan keberadaan Fakultas Ekonomi dimasa mendatang.
Acara ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Heri Widodo, SE. M.Si. Dalam sambutannya, dekan yang telah menjabat untuk periode kedua ini sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan Temu Almuni tersebut, karena keinginan dari fakultas untuk menyelenggarakan Temu Alumni sudah lama. Dalam uraiannya yang lainnya beliau menyinggung tentang peran dari alumni dalam proses pengembangan fakultas ataupun universitas. Proses pengembangan tersebut tidak hanya dari fakultas saja, namun keberadaan alumni sangat diperlukan, meskipun secara struktural keberadaan alumni berada diluar fakultas. Di akhir sambutannya, beliau mempunyai harapannya bahwa kegiatan semacam ini akan terus dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan.
Pada sesi Dialog Ringan, ditampilkan 3 (tiga) orang nara sumber yang mewakili masing-masing peran pada masanya, yakni Drs. As’ad Rizal, MM (mantan Dekan periode 2000-2007); Heri Widodo, SE. M.Si (Dekan FE saat ini); serta Khoirul Warizin, SE. MM (selaku alumni mahasiswa sekaligus Ketua Ikatan Keluarga Alumni Umsida). Penjelasan tentang perjalanan Fakultas Ekonomi pada awal-awal berdirinya, lebih banyak disampaikan oleh Drs. As’ad Rizal, MM, yang memang mengetahui dan mengalami kondisi tersebut. Awal berdirinya Fakultas Ekonomi yang masih berbentuk STIE, ataupun ketika masih bergabung dengan UM Gresik ataupun UM Surabaya, juga tidak lupa dipaparkan oleh beliau. Sedangkan Heri Widodo, SE. M.Si lebih banyak menguraikan tentang keberadaan Fakultas Ekonomi saat ini serta pandangannya tentang Fakultas Ekonomi di masa mendatang. Keberadaan alumni untuk saat ini dan harapan-harapan tentang alumni masa mendatang, juga tidak luput dalam penyampaiannya. Point yang menjadi perhatiannya dimasa depan tentang keberadaan alumni ini adalah mereposisi peran dan eksistensi dari alumni tersebut sebagai mitra yang sinergis dalam upaya pengembangan fakultas ataupun universitas. Sementara itu, Khoirul Warizin, SE. MM banyak mengisahkan tentang pengalaman menjadi mahasiswa diawal-awal berdirinya Fakultas Ekonomi. Selain itu,  hal-hal yang dapat dimanfaatkan dengan adanya ikatan alumni ini juga disinggung oleh mahasiswa yang lulus tahun 1989 tersebut.
Pada akhir acara, sembari beramah-tamah juga dibentuk kepengurusan alumni Fakultas Ekonomi. Secara aklamasi, ketua alumni Fakultas Ekonomi adalah Iwan Mujadid, SE. Termasuk nama yang disepakati adalah KAFE Umsida (Keluarga Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)