| home | agenda & berita | info fakultas | kemahasiswaan | regulasi | kerjasama | repositori |
Selamat Datang di Website Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Positivism & Post-positivism

Pendekatan penelitian yang sering dilakukan oleh seorang penelilti biasanya mengacu pada pendekatan penelitian kuantitatif (positivism) dan kualitatif (post-positivism). Kedua pendekatan ini memiliki karakteristik yang berbeda. Topik inilah yang diangkat oleh Fakultas Ekonomi dalam acara Diskusi Ilmiah Dosen, dengan tema “Positivism dan Post-positivism dalam Sebuah Penelitian Ekonomi dan Bisnis”. Dalam diskusi ini semua sepakat bahwa kita tidak sedang berusaha untuk membenturkan dari kedua pendekatan ini, melainkan bagaimana kita semua bisa mempelajari dan mengelaborasi dari masing-masing pendekatan untuk pengembangan kemampuan penelitian pada masing-masing dosen. Ini semua selaras dengan tujuan kegiatan ini, yakni sebagai upaya untuk mengembangkan kemampuan penelitian dosen dari aspek metodologi penelitiannya sekaligus untuk meng-upgrade kemampuan dosen dalam proses pembimbingan skripsi bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi Umsida.
Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 2012 ini menghadirkan Dr. Zaenal Fanani, MSA. Ak, Ketua Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya dan Sigit Hermawan, SE.M.Si, Dosen Fakultas Ekonomi Umsida. Dalam paparannya, Dr. Zaenal Fanani, MSA. Ak, menyinggung banyak hal terkait perbedaan karakteristik antara penelitian kuantitatif dan kualitatif. Termasuk menjelaskan batasan-batasan penelitian untuk skripsi, tesis dan disertasi. Dalam hal proses pembimbingan kepada mahasiswa, beliau menyampaikan bahwa “Kita tidak boleh memaksakan kehendak kita kepada mahasiswa untuk menggunakan pendekatan kuantitatif ataupun kualitatif. Semuanya kita serahkan pada mahasiswa. Tugas kita adalah membimbing dan mengarahkan mahasiswa tersebut sehingga menghasilkan penelitian yang baik. Makanya, kita harus siap dengan pengetahuan kita tentang pendekatan kuantitatif ataupun kualitatif”. Sementara itu, Sigit Hermawan, SE. M.Si dalam paparannya pada sesi kedua, lebih banyak menyorot tentang penelitian kualitatif. Termasuk sharing tentang proses pembimbingan bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi Umsida.
Bertempat di Ruang Laboratorium Fakultas Ekonomi, kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Heri Widodo, SE. M.Si, yang diikuti oleh dosen Fakultas Ekonomi Umsida, termasuk beberapa dosen dari Fakultas Teknik.