| home | agenda & berita | info fakultas | kemahasiswaan | regulasi | kerjasama | repositori |
Selamat Datang di Website Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Pengembangan Softskill

Tujuan dari penyelenggaraan pendidikan perguruan tinggi salah satunya adalah mempersiapkan mahasiswa (lulusan) mampu membuka lapangan pekerjaan sendiri, sehingga tidak bergantung pada pihak lain. Namun demikian tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar lulusan masih mencari pekerjaan di dunia kerja. Bila dikaitkan dengan karakteristik mahasiswa Fakultas Ekonomi yang dapat dikelompokan menjadi dua, yakni mahasiswa murni (belum bekerja) dan mahasiswa yang sudah bekerja, maka ada lulusan yang mencari pekerjaan baru (bagi mahasiswa murni) dan ada yang mencari jenjang karir (peningkatan karir) bagi mahasiswa yang sudah bekerja.


Dewasa ini proses memasuki dunia kerja tidak hanya ditentukan oleh kemampuan hardskill lulusan akan tetapi didasarkan juga kemampuan softskill lulusan. Bahkan adakalanya kemampuan softskill banyak berperan dalam proses ini. Atas dasar pemikiran tersebut maka Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo menyelenggarakan
PELATIHAN SOFTSKILL BAGI CALON LULUSAN dengan tema “Pengembangan kemampuan softskill bagi calon lulusan Fakultas Ekonomi dalam upaya meningkatkan daya saing di dunia kerja”
Tujuan kegiatan ini, seperti yang disampaikan oleh Ketua pelaksana, Santi Dwi Rahmawati, SE, adalah untuk (a) Mempersiapkan peserta tentang kemampuan softskill dalam proses memasuki dunia kerja; (b) Memberikan pengetahuan dan kemampuan softskill bagi peserta untuk meningkatkan jengjang karir bagi yang telah bekerja; serta (c) Membantu peserta dalam menyelesaikan berbagai masalah yang mungkin timbul dalam proses memasuki dunia kerja.
Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 20 September 2011 dan bertempat di Aula Kampus I Umsida ini, dan merupakan rangkaian acara Yudisium Fakultas Ekonomi dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Heri Widodo, SE. M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi untuk memberikan bekal kepada calon lulusan, sebelum memasuki dunia kerja. Hal ini didasarkan pada kebutuhan tenaga kerja saat ini dan dimasa mendatang harus berimbang antara hardskill maupun softskill. Selain itu kegiatan ini merupakan implementasi dari kerjasama yang telah dijalin selama ini dengan PT. Sierad Produce Tbk, karena sebagai pembicara dalam acara ini adalah Bachrozi, SE. MM, Business Unit Head PT. Sierad Produce Tbk Unit Feedmill Sidoarjo. Peserta kegiatan ini adalah calon lulusan Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen, Program Studi Akuntansi dan Program Diploma Satu Akuntansi Komputer.
Pada saat yudisium fakultas, yang dihadiri oleh Wakil Rektor II Bapak Sigit Hermawan, SE. M.Si., juga disampaikan lulusan terbaik untuk tahun 2011. Lulusan terbaik tersebut adalah Tika Kapita Fachrista, dari program Studi Manajemen dengan IPK 3,67. Terbaik kedua adalah Fenti Dewi Istani, dari program Studi Manajemen dengan IPK 3,65, danterbaik ketiga Masfufah dari program Studi Akuntansi dengan IPK 3,58.