| home | agenda & berita | info fakultas | kemahasiswaan | regulasi | kerjasama | repositori |
Selamat Datang di Website Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Kuliah Umum Audit


Dalam perkembangan dunia bisnis belakangan ini terjadi adanya suatu dinamika jatuh bangunnya perusahaan publik dalam sektor ekonomi nasional bahkan dunia. Imbasnya, tidak hanya pada sektor ekonomi saja tetapi juga pada sistem pengelolaan perusahaan publik dan kebijakan stockholdersnya. Peran profesi akuntan dalam hal ini mempunyai peranan yang sangat penting guna meningkatkan nilai informasi bagi pemegang saham dan menciptakan tata kelola yang baik dalam sistem informasi yang berjalan dari suatu perusahaan.
Dalam melaksanakan proses audit, akuntan publik memperoleh kepercayaan dari klien dan para pemakai laporan keuangan untuk membuktikan kewajaran laporan keuangan yang disusun dan disajikan oleh klien. Oleh karena itu, dalam memberikan pendapat mengenai kewajaran laporan keuangan yang diperiksa, auditor harus bersikap independen terhadap kepentingan klien, para pemakai laporan keuangan,
maupun terhadap kepentingan akuntan publik itu sendiri. Untuk bisa menjaga hal tersebut diatas ada beberapa hal yang harus disiapkan auditor lebih dulu sebelum melaksanakan tugasnya yaitu memperhatikan  prosedur analitis dan kertas kerja pemeriksaannya (KKP). Tujuan dari prosedur analitis ini adalah untuk menetapkan rencana audit yang akan dilaksanakan, memahami lingkup usaha klien, menetapkan bukti dan dokumen yang digunakan. Sedangankan KKP merupakan catatan yang disimpan auditor tentang prosedur yang ditetapkan, pengujian yang dilaksanakan, informasi yang diperoleh, dan kesimpulan yang dicapai dalam penugasan.
Berkenaan dengan hal tersebut, guna menambah wawasan mahasiswa khususnya maka Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo menyelenggarakan Kuliah Umum dengan temaPentingnya Analitycal Prosedur Review dan Keras Kerja Pemeriksaan(KKP) Bagi Auditor”. Menurut Ketua Program Studi Akuntansi, Imelda Dian Rahmawati, SE, M.Ak. Ak, tujuan kegiatan ini adalah untuk (1) Untuk memeberikan pengetahuan secara nyata tentang tahapan awal dalam melaksanakan penugasan audit; (2) Untuk meningkatkan pemahaman tentang hal penting yang harus dirumuskan oleh auditor; dan (3) Untuk menyiapkan mahasiswa mempunyai pemahaman yang menyeluruh tentang penugasan auditor. Kuliah Umum ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 5 Januari 2013, bertempat di Aula  Kampus I UMSIDA, yang dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi Heri Widodo, SE. M.Si. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menghadirkan Bapak Lucky Kartanto, SE. SH. M.Si. Ak. CPA. BKP. MOS. CERIFRS sebagai pembicara tunggal, dari KAP Lucky Kartanto.